Kamis, 30 Oktober 2014

PEMUDA & SOSIALISASI

  • MASALAH-MASALAH KEPEMUDAAN
Msalah pemuda merupakan masalah yang sering kali berkaitan dengan orang yang lebih tua. Biasanya berkaitam demgan norma dan nilai dalam masyarakat, dan masalah lainya adalah belum mandiri dalam ekonomi dan belum dewasa dalam fikiran dan psikologis.
  • REALITAS KEPEMUDAAN
Kepemudaan merupakan fase pertumbuhan biologis yang bersifat seketika dan akan hilang dengan sendirinya. Pemuda dianggap sebagai suatu kelompok yang memiliki fikiran tersendiri yang bertentangan dengan fikiran masyarakat tua. sehingga seringkali muncul masalah yang tidak sejalan, yang akhirnya memunculkan protes baik terselubung maupun terbuka.

2 asumsi pokok mengenai generasi kepemudaan :
  1. Proses perkembangan manusia dianggap sesuatu fragmentaris/terpecah-pecah. Tiap perkembangan hanya dapat di mengerti oleh manusia itu sendiri. maka masa muda dianggap batu krikil yang tidak berarti, sedangkan masa tua dianggap sebagai mahkota hidup .
  2. adanya anggapan bahwa pemikiran tua ditentukan dengan tradisi. pemuda dianggap sebagai pola kehidupan bukan subjek dari kehidupan itu sendiri.
Pemuda dan kepemudaan merupakan tonggak dari suatu pengetahuan kehidupan yang memiliki potensi memenuhi hidupnya.
Generasi tua berkewajiban membimbing generasi muda sebagai penurus agar memiliki tanggung jawab yang baik dan komplex.
Generasi muda berkewajiban mempersiapkan diri untuk menatap masa depan dan mengisi posisi generasi tua agar tidak lemah.
  • PEMUDA & IDENTITAS
Yang dimaksud generasi muda adalah :
  1. Dari segi bilogis pemuda berusia 15-30 tahun
  2. Dari segi budaya/fungsional, pemuda merupakan manusia berumur 18/21 keatas yang dianggap sudah dewasa
  3. Dari angkatan kerja terdapat istilah tenaga muda dan tua. Tetangga muda adalah yang berusia 18-22 tahun.
  4. Dilihat dari ideologi politis generasi muda adalah calon pengganti yang terdahulu. berusia sekitar 18-30 atau 40 tahun
Generasi muda dipandang dari beberapa aspek, yaitu :
Sosial PsikologiProses perkembangan kepribadian, penyesuaian diri secara jasmani dan rohani dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. dalam perkembangan tersebut juga memiliki hambatan seperti faktor lingkungan, salah didik orang tua, kurangnya ajaran agama, kenakalan remaja yang selalu ingin tahu dan narkoba.



  • ·         Sosial Budaya
Perkembangan pemuda dalam modernisasi dengan segala efek samping yang dapat berpengaruh pada proses pendewasaanya. Apabila tidak mendapat arah yang jelas maka masa depanya akan mendapat neraka dan bangsa akan lari  dari yang dicita-citakan.
  • ·         Sosial ekonomi
Banyaknya pemuda yang menganggur karena kurangnya lapangan pekerjaan yang disebabkan dari pertambahan penduduk dan belum meratanya pembangunan.
  • ·         Sosial politik
Kurangnya pendidikan politik , demokrasi pancasila, tertib hukum dan disiplin nasional sehingga menjadi hambatan bagi pemuda untuk menyalurkan aspirasinya.

Kesimpulan masalah yang menyangkut generasi muda sekarang :

  • Menurunya jiwa idealism, patriotism, dan nasionalisme
  • ·         Cenderung apatis
  • ·         Ketidakpastian akan masa depan
  • ·         Tidak seimbangnya jumlah pemuda dengan fasilitas yang disediakan baik foral maupun informal serta tingginya angka putus sekolah
  • ·         Kurangnya lapangan pekerjaan dan sempitmya peluang kerja, akibatnya banyak pengangguran dan produktivitas nasional pun berkurang
  • ·         Kurang gizi, terutama didaerah terbelakang dan tak terpantau dari pemerintah yang menyebabkan hambatan bagi kecerdasan dan pertumbahan badan, serta rendahnya daya beli karena kemiskinan
  • ·         Maraknya perkawinan dibawah umur yang mencolok dari masyarakat pedesaan. Masalah ini lebih ke arah adat istiadat.
  • ·         Pergaulan bebas yang mengakibatkan hamil diluar nikah
  • ·         Penyalahgunaan narkotika
 
  • PERGURUAN DAN PENDIDIKAN 

Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh beberapa factor seperti tersedianya sumber daya alam, birokrasi pemerintah yang kuat dan efisien, dan yang paling utama adanya kualitas SDM. Disinilah pendidikan sangat dipentingkan agar terciptanya SDM yang berkualitas.
Berikut adalah bentuk-bentuk pendidikan :

a.       Pendidikan formal : sekolah & perguruan tinggi
b.      Pendidikan non formal/luar sekolah : dibentuknya organisasi yang mengasah keahlian yang dimiliki oleh sesorang
c.       Pendidikan in formal : pendidikan atas pengalaman hidup

  •       PERANAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT 
Peranan pemuda dalam masyarakat dibedakan atas dua hal :


a.       Peranan pemuda yang didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan:
~ pemuda meneruskan tradisi
~ pemuda yang mnyesuaikan diri dengan golongan yang berusaha mengubah tradisi.
b.      Peranan pemuda yang menolak menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya dibedakan menjadi 2:

~ Jenis pemuda pembangkit, pengurai dan penjelas dari satu masalah sosial.
~ Pemuda nakal/delinkuen yaitu pemuda yang acuh akan lingkungan budaya dan masyarakat, tetapi hanya berusaha memperoleh manfaat dari masyarakat dengan perbuatan yang menguntungkan diri sendiri.
~ Pemuda radikal, pemuda yang berambisi mengubah masyarakat dan kebudayaan secara radikal, revolusioner tanpa memikirkan apa yang akan terjadi dikemudian hari.




Asas pengembangan generasi muda :



·         Asas edukatif, pemngembangan yang dilakukan oleh non generasi muda dan sesama generasi muda

·         Asas persatuan dan kesatuan bangsa
·         Asas swakarsa, menanamkan keinginan generasi muda untuk berkembang dalam lingkungan masyarakat
·         Asas keselarasan terpadu
·         Asas pendayagunaan dan fungsional, banyaknya organisasi yang didirikan oleh generasi muda perlu diadakan penataan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna bagi pelaksanaan program pemuda.

 ilmu sosial dasar achieve
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar